Sumur Resapan

Sumur resapan merupakan bangunan rekayasa teknik yang berbentuk sumur tetapi fungsinya untuk menampung air yang datang dari atas tanah kemudian ditampung dalam sumur resapan. Air dalam tampungan ini kemudian akan diserap kedalam tanah yang ada di sekitarnya secara perlahan. Fungsi sumur resapan ini berbeda dengan sumur yang dipakai sebagai sumber air minum dan keperluan rumah tangga.

SR Pogalan 1

(Gambar: Sumur Resapan Pagalan)

 

Manfaat Sumur Resapan

Sumur resapan memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia dan lingkungan sekitar. Berbabagi manfaat sumur resapan diantara adalah:

  1. Mencegah terjadinya banjir.

Meningkatnya curah hujan mengakibatkan volume air yang ada diatas tanah menjadi banyak. Apabila air tersebut tidak dapat diserap langsung oleh tanah maka air tersebut menjadi tergenang dan dapat mengakibatkan banjir (Baca: Penyebab Banjir). Adanya sumur resapan maka air tersbut kemudian dapat di tampung dalam sumur yang kemudian akan di serap oleh tanah.

  1. Meningkatkan dan mempertahankan ketinggian permukaan air tanah

Kandungan air dalam tanah apabila tidak mendapat suplai yang memadai maka semakin lama akan semakin berkurang. Banyaknya bangunan dan infratsruktur pengerasan jalan serta sedikitnya kawasan hujau menjadi penghalang air meresap kedalam tanah. Air dapat langsung mengalir ke sungai yang selanjutnya akan diteruskan ke laut.

Dengan andanya sumur resapan, maka air tidak langsung ke sungai tetapi masuk kedalam sumur yang kemudian akan diserap oleh tanah yang ada disekitarnya. Hal ini dapat tetap mempertahankan ketinggian permukaan air didalam tanah. (Baca: Ciri-ciri Air Tanah Permukaan dan Penjelasannya )

  1. Mencegah penurunan tanah

Tanah yang memiliki kadar air rendah dan permukaan air tanah yang rendah menjadikan tanah bagian atas tandus dan keropos. Tanah kemudian akan mengalami pemampatan kebawah sehingga mengalami penurunan. Dengan sumur resapan maka kadar air dalam tanah menjadi terjaga. (Baca:Penyebab Tanah Ambles )

  1. Mengurangi konsentrasi pencemaran air tanah

Kandungan air yang banyak didalam tanah akan dapat mengurangi konsentrasi pencemaran air tanah (Baca: Dampak Pencemaran Air dan Penyebabnya). Sumur resapan membantu menjaga kandungan air dalam tanah agar tetap banyak.

  1. Mencegah erosi dan sedimentasi

Erosi terjadi karena derasnya aliran air di atas tanah. Jika air di atas tanah tidak dapat terserap dengan cepat kedalam tanah maka air akan mengalir ke area yang lebih rendah. Kecepatan laju aliran air ini dapat menyebabkan erosi. Dengan adanya sumur resapan maka aliran air ini menjadi berkurang sehingga potensi erosi juga berkurang. (Baca: Cara Mencegah Erosi Tanah)

  1. Memberikan cadangan air dalam jangka panjang

Air yang ada dalam sumur resapan ini secara terus menerus akan diserap oleh tanah yang ada disekitarnya. Kandungan air dalam tanah tersebut merupakan cadangan bagi masa depan. Air tersebut nantinya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Tinggalkan komentar

Situs yang Dikembangkan dengan WordPress.com.

Atas ↑